Monday, January 19, 2015

PEMBELAJARAN EFEKTIF



1.       Fun, belajar akan menjadi efektif manakala kita mampu mengaktifkan sistem limbik. Di dalam batang tengkorak kita, tepatnya pada bagian belakang, terdapat sebuah bagian yang bernama sistem limbik. Bagian bergerak seperti katup, membuka dan menutup. Pembelajaran dikatakan efektif apabila katup tersebut dalam keadaan membuka.
Oleh karena itu, pembelajaran perlu dilakukan dengan cara menyenangkan karena jika suasana belajar sudah terkondisikan dengan fun, maka belajar benar-benar terasa sepeti magis.
2.       Dinamis. Pada telinga bagian dalam kita terdapat satu bagian yang disebut sistem vestibular. Bagian tersebut berupa cairan yang akan berinteraksi  dengan saraf. Ketika cairan  itu bergesekan dengan saraf, ia akan mengaktifkan otak dan terjadilah percepatan IQ.
3.       Pembiasaan positif. Ketika kita secara rutin mendongeng kepada anak kecil, maka sebenarnya kita memberikan suatu pmebiasaan yang disebut dengan good neuro-association, yaitu satu asosiasi yang positif.
4.       Neurhon Pathway. Merupakan slaah satu jaringan yang terdapat di otak. Jaringan ini bekerja dengan cara mengempis dan mengembang. Setiap kali kita menjawab pertanyaan, maka jaringan tersebut akan mengembang. Pada saat megembang, ia akan mengaktifkan sensitif otak, sehingga IQ mengalami peningkatan.
Hawari Aka, Guru Yang Berkarakter Kuat, hlm. 67-71.

No comments:

Post a Comment